Analisis Pasar Bersangkutan dalam Putusan KPPU (Studi Putusan Perkara Nomor 10/KPPU/-1/2016 dan Nomor 13/KPPU-I/2019)

 

Analisis Pasar Bersangkutan dalam Putusan KPPU (Studi Putusan Perkara Nomor 10/KPPU/-1/2016 dan Nomor 13/KPPU-I/2019)

Princessa Deanera, Siti Anisah

Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia

Jl. Kaliurang Km. 14,5, Krawitan, Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman,

Daerah Istimewa Yogyakarta 55584

 

Abstrak

 

Penelitian dengan judul “Analisis Pasar Bersangkutan dalam Putusan KPPU (Studi Putusan Perkara Nomor 13/KPPU-I/2019 dan 10/KPPU/-1/2016)” ini mengangkat dua rumusan masalah yaitu: pertama, bagaimana penetapan pasar bersangkutan dalam Putusan Perkara Nomor 10/KPPU-I/2016 dan 13/KPPU-I/2019? Kedua, tepatkah penentuan pasar bersangkutan dalam Putusan Perkara Nomor 10/KPPU-I/2016 dan 13/KPPU-I/2019? Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif atau doktrinal, yakni menguraikan, menjelaskan, dan menganalisis bahan hukum yang mengacu kepada peraturan perundang-undangan dan Putusan KPPU terkait dengan penentuan pasar bersangkutan. Analisis dalam bahan hukum dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, diawali dengan mengumpulkan bahan hukum, mengkualifikasikannya, menghubungkan teori yang berhubungan dengan permasalahan penelitian, menarik kesimpulan untuk menentukan hasil dan rekomendasinya. Hasil penelitian ini menunjukan, pada Putusan Perkara Nomor 10/KPPU-I/2016, KPPU tidak melakukan pertimbangan indikator (harga, karakteristik, dan fungsi) pasar bersangkutan dan geografis. Sedangkan, pada Putusan Perkara Nomor 13/KPPU-I/2019, KPPU melakukan pertimbangan berdasarkan indikator-indikator (harga, karakteristik, dan fungsi), meskipun putusan ini tidak dilakukan pemisahan yang jelas terhadap masing-masing indikator. Dengan demikian, kedua putusan KPPU dimaksud tidak mengikuti ketentuan dalam Peraturan KPPU Nomor 3 Tahun 2009.

Kata kunci: Analisis; Pasar Bersangkutan; KPPU; Persaingan Usaha.

 

Sumber:

Al’ Adl : Jurnal Hukum, Volume 14 Nomor 1, Januari 2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren