ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

 

ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Taufan Hidayat

Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta

 

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  (1)  pengaruh  produk  terhadap  keputusan  pembelian  rumah  makan Koki  Jody  di  Magelang,  (2)  pengaruh  harga  terhadap  keputusan  pembelian  rumah  makan  Koki  Jody  di Magelang,  (3)  pengaruh  promosi  terhadap  keputusan  pembelian  rumah  makan  Koki  Jody  di  Magelang,  (4) pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang dan(5) pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan rumah makan Koki Jody di Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 155 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis  data  yang  digunakan  adalah  regresi  berganda.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  terdapat pengaruh positif produk terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan nilai t hitung sebesar 3,174; nilai signifikansi 0,002<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,229; (2) terdapat pengaruh positif harga terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,739; nilai signifikansi 0,007<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,197; (3) terdapat pengaruh positif promosi  terhadap  keputusan  pembelianrumah  makan  Koki  Jody  di  Magelang.  dibuktikan  dari  nilai  t  hitung sebesar 4,384; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,313; (4) terdapat pengaruh positif lokasi  terhadap  keputusan  pembelian  rumah  makan  Koki  Jody  di  Magelang,  dibuktikan  nilai  t  hitung  sebesar 3,366;  nilai  signifikansi  0,001<0,05;  dan  koefisien  regresi  sebesar  0,240;  dan  (5)  terdapat  pengaruh  produk, harga,  promosi,  dan  lokasi  secara  bersama-sama  terhadap  keputusan  pembelian  rumah  makan  Koki  Jody  di Magelang, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 12,147 dan signifikansi 0,000<0,05.

Kata kunci: Keputusan Pembelian, Produk, Harga, Promosi, Lokasi

 

Sumber:

Jurnal Ilmu Manajemen,

Volume 17, Nomor 2, 2020

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren