ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBAHASA RESEPTIF

 

ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBAHASA RESEPTIF

Alfiyatur Rohmaniyah1, Denis Ekasari2, Wagiran3, Deby Luriawati Naryatmojo4

Program Studi Bahasa Indonesia Pascasarjana, Semarang

Universitas Negeri Semarang

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan hasil analisis kualitas instrument penilaian keterampilan berbahasa reseptif soal Bahasa Indonesia tingkat SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Pembahasan pada artikel ini merupakan sebagian langkah dari penelitian analisis soal Bahasa Indonesia teks nonsastra yang mengandung keterampilan berbahasa reseptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas instrument penilaian pada soal teks nonsastra Bahasa Indonesia tingkat SMP belum sesuai dengan kaidah penyusunan butir soal yang baik dan benar. Hasil telaah soal menunjukka aspek materi hanya memenuhi 79%, kemudian aspek konstruksi 80% dan aspek bahasa atau budaya 89%.

 

Kata Kunci: Analisis, Instrumen Penilaian, Berbahasa Reseptif

 

Sumber:

ASAS : JURNAL SASTRA

Volume 12 No. 1, Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren