ANALISIS MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA
ANALISIS
MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TEKNIK
INFORMATIKA
PADA MATA KULIAH MATEMATIKA
Dwi
Ariani Finda Yuniarti1) , Dwiani Listya Kartika2) , Agus
Prianggono3)
1)Akademi
Komunitas Negeri Pacitan, Pacitan, Indonesia
2)Universitas
Nahdlatul Ulama Purwokerto, Purwokerto, Indonesia
3)
Akademi Komunitas Negeri Pacitan, Pacitan, Indonesia
Abstrak
Minat dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah
matematika yang diberikan untuk mahasiswa program studi Teknik Informatika
merupakan aspek pembelajaran yang penting untuk diperhatikan. Pentingnya
matematika bagi semua lapisan kehidupan harus ditanam sejak dini, agar
mahasiswa mengerti bahwa matematika merupakan pelayan dan juga ratu dari segala
ilmu. Sehingga semua lapisan ilmu pengetahuan butuh matematika, tak terkecuali
mahasiswa program studi Teknik Informatika. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan minat dan motivasi belajar matematika sehingga dapat menjadi
acuan dosen dalam menyampaikan perkuliahan matematika. Metode dalam penelitian
ini merupakan kualitatif deskriptif dengan sampel berasal dari mahasiswa
program studi Tenik Informatika. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa
mempunyai minat dan motivasi belajar yang tinggi. Minat belajar yang terdiri atas
empat (4) indicator, adapun hasilnya adalah lebih dari 52,99% mahasiswa
mempunyai ketertarikan dalam pembelajaran, selain itu sebesar 45,28% dan 45,75
menyatakan bahwa konsentrasi dan pengetahuan matematika cukup baik akan tetapi
perlu untuk dimaksimalkan sehingga kesadaran belajar yang dialami oleh siswa
dapat maksimal tidak seperti saat ini yang hanya sebesar 23,82%. Motivasi
belajar pun tidak kalah penting untuk diperhatikan. Berdasarkan kedua unsur yaitu
instrinsik yang terbagi atas empat indikator dan unsur ekstrinsik yang terdisi
atas satu indikator. Adapun hasilnya dapat disimpulkan bahwa kelima indikator
motivasi belajar cukup baik akan tetapi perlu terus ditingkatkan. Pemahaman
langkah dalam setiap proses matematika merupakan hal yang penting, sehingga
pemanfaatan teknologi dalam hal ini aplikasi matematika yang berbasis android
pun perlu untuk diarahkan penggunaannya sehingga mampu mengaplikasikannya
dengan sebaik-baiknya dan penerapannya dalam kegiatan perkuliahan pun dapat
secara optimal. Minat dan motivasi belajar yang tinggi dalam suatu pelaksanan
pembelajaran yang optimal pasti akan memperoleh hasil belajar yang maksimal.
Kata Kunci:
minat belajar, motivasi belajar, teknik informatika,
matematika
Sumber:
Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia
Volum 7 Nomor 1 bulan Maret 2022 Page 47 – 52
Komentar
Posting Komentar