ANALISIS PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
ANALISIS
PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA
SENYAWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Santi
Purwiningsih, Yulia Dewi Puspita Sari
STKIP
PGRI Nganjuk, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif-kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mind mapping terhadap minat
belajar siswa pada materi Tata nama Senyawa menggunakan model pembelajaran
inkuiri di SMK Negeri 1 Nganjuk. Model pembelajaran yang digunakan adalah model
pembelajaran Inkuiri untuk memberikan kebebasan kepada siswa mengembangkan
konsep yang mereka pelajari dan mereka diberi kesempatan untuk memecahkan
masalah yang mereka hadapi. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas X-Multi
Media 2 SMK Negeri 1 Nganjuk. Beberapa siswa menunjukkan adanya perubahan sikap
dan keaktifan selama proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan setelah menggunakan mind mapping dimana siswa menunjukkan
minat pada saat pembelajaran dengan mengajukan dan menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh guru. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan yang dilakukan pada
metode dan media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Kata Kunci: mind mapping, minat, inkuiri
Sumber :
Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022
Halm 1639 – 1647
Komentar
Posting Komentar