ANALISIS PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

 

ANALISIS PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Santi Purwiningsih, Yulia Dewi Puspita Sari

STKIP PGRI Nganjuk, Indonesia

 

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mind mapping terhadap minat belajar siswa pada materi Tata nama Senyawa menggunakan model pembelajaran inkuiri di SMK Negeri 1 Nganjuk. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Inkuiri untuk memberikan kebebasan kepada siswa mengembangkan konsep yang mereka pelajari dan mereka diberi kesempatan untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas X-Multi Media 2 SMK Negeri 1 Nganjuk. Beberapa siswa menunjukkan adanya perubahan sikap dan keaktifan selama proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan setelah menggunakan mind mapping dimana siswa menunjukkan minat pada saat pembelajaran dengan mengajukan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan yang dilakukan pada metode dan media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa.

 

Kata Kunci: mind mapping, minat, inkuiri

 

Sumber :

Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halm 1639 – 1647

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren