PENGARUH VARIASI MENU DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GEN’Z MIE GACOAN DI SIDOARJO DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
PENGARUH VARIASI
MENU DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GEN’Z MIE GACOAN DI SIDOARJO DENGAN
KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Briliantine Caesar Eka Wantoro
Ayu Lucy Larassaty
Achmad Zaki
Afifatus Sholikhah
Universitas Nahd
latul Ulama Sidoarjo, Manajemen
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan Keputusan pembelian sebagai
mediator untuk menguji bagaimana harga dan variasi menu mempengaruhi loyalitas Generasi
Z di Mie Gacoan Sidoarjo. Metode kuantitatif dan analisis eksplanatori digunakan
untuk mengumpulkan data dari 170 responden melalui kuesioner. Analisis PLS-SEM mengungkapkan
bahwa meskipun perubahan menu memiliki dampak besar pada keputusan untuk
membeli, mereka tidak secara langsung meningkatkan loyalitas konsumen. Sementara
itu, harga memiliki pengaruh yang besar terhadap loyalitas dan Keputusan pembelian.
Hasil penelitian ini menekankan betapa pentingnya inovasi menu dan taktik harga
yang agresif untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui pembelian yang
bijak.
Kata kunci: Harga, Variasi Menu, Keputusan Pembelian,
Generasi Z, Strategi Pemasaran
Sumber publikasi JURNAL LENTERA BISNIS, Vol. 14 No. 2
(2025) MEI 2025
Komentar
Posting Komentar