PENGARUH VARIASI MENU DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GEN’Z MIE GACOAN DI SIDOARJO DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

 

PENGARUH VARIASI MENU DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GEN’Z MIE GACOAN DI SIDOARJO DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

 

Briliantine Caesar Eka Wantoro

Ayu Lucy Larassaty

Achmad Zaki

Afifatus Sholikhah

Universitas Nahd
latul Ulama Sidoarjo, Manajemen

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini menggunakan Keputusan pembelian sebagai mediator untuk menguji bagaimana harga dan variasi menu mempengaruhi loyalitas Generasi Z di Mie Gacoan Sidoarjo. Metode kuantitatif dan analisis eksplanatori digunakan untuk mengumpulkan data dari 170 responden melalui kuesioner. Analisis PLS-SEM mengungkapkan bahwa meskipun perubahan menu memiliki dampak besar pada keputusan untuk membeli, mereka tidak secara langsung meningkatkan loyalitas konsumen. Sementara itu, harga memiliki pengaruh yang besar terhadap loyalitas dan Keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menekankan betapa pentingnya inovasi menu dan taktik harga yang agresif untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui pembelian yang bijak.

 

Kata kunci: Harga, Variasi Menu, Keputusan Pembelian, Generasi Z, Strategi Pemasaran

 

Sumber publikasi JURNAL LENTERA BISNIS, Vol. 14 No. 2 (2025) MEI 2025

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren