PENGARUH PERSEPSI HARGA, PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN

 

PENGARUH PERSEPSI HARGA, PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN

 

Dewi Sherly Yuliana

Erawati Kartika

Sukristanta

Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas AKI, Semarang

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh persepsi harga, pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap keputusan konsumen di PT Sumberharpindo Lestari Sentosa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitia kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang dipilih secara acak menggunakan rumus Slovin. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga, pelayanan, fasilitas, dan lokasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen baik secara parsial maupun simultan. Secara simultan, keempat variabel ini dapat menjelaskan 67,1% perubahan dalam keputusan konsumen, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut, perusahaan disarankan untuk memperhatikan dan mengoptimalkan kebijakan harga,kualitas pelayanan, fasilitas yang mendukung kenyamanan konsumen, serta pemilihan lokasi yang strategis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat daya saing perusahaan.

 

Kata Kunci: Persepsi Harga, Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen

 

Sumber publikasi VOL. 5 NO. 1 (2025): INDO-FINTECH INTELLECTUALS: JOURNAL OF ECONOMICS AND BUSINESS (2025)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren