ANALISIS POTENSI JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN
ANALISIS
POTENSI JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN
Faramita
Paputungan, Sitti Roskina Mas
Jurusan
Manajemen PendidikanFakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo
Abstrak
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui potensi jiwa kewirausahaan siswa SMK dilihat dari aspek: (1)
kepribadian; (2) disiplin diri; (3) kreativitas; (4) motivasi; (5)
keberanian; (6) kepercayaan
diri. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan
eksplanatori. Jumlah subjek penelitian sebesar 32 orang. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula
persentase. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa potensi jiwa
kewirausahaan siswa SMK
Negeri 1 Posigadan
Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
dilihat dari aspek: (1) kepribadian berada pada kategori cukup baikdengan persentase
sebesar 74,50%; (2) disiplin
diri berada pada
kategori cukup baikdengan persentase sebesar 74,00%; (3) kreativitas berada pada kategori cukup
baikdengan persentase sebesar 72,25%; (4) motivasi berada pada kategori cukup baikdengan
persentase sebesar 71,25%; (5) keberanian berada pada kategori cukup baikdengan
persentase sebesar 72,38%; (6)
kepercayaan diri berada
pada kategori cukup baikdengan persentase sebesar 73,63%. Untuk itu
disarankan: (1) Bagi Sekolah, hendaknya
untuk dapat meningkatkan
profesionalisme guru dan menyelenggarakan berbagaikegiatan seperti
bazar sekolah, workshop
siswa dan menghadirkan tokoh-tokoh
wirausahawan sukses untuk
dapat memberi wawasan dan pengalaman terhadap para peserta
didik; (2) Bagi Guru, diharapkan untuk dapat mengembangkan potensi
jiwa kewirausahan melalui
pembelajaran yang berisi kegiatan-kegiatan yang bersentuhan
langsung dengan dunia usaha agar para peserta didik memiliki pengalaman secara
nyata; (3) Bagi Peserta didik, hendaknya untuk selalu berkonsentrasi dan
bersunguh-sungguh serta proaktif
dalam menerima materi pendidikan
kewirausahaan yang diberikan oleh guru.
Kata kunci :
Kewirausahaan;
Kepribadian;Disiplin; Kreativitas;Motivasi; Keberanian; Kepercayaan Diri
Sumber :
Jambura Journal of
Educational Management
Volume 2 Nomor 2,
September 2021, Halaman 124-136
Komentar
Posting Komentar