ANALISIS POTENSI JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN

 

ANALISIS POTENSI JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN

Faramita Paputungan, Sitti Roskina Mas

Jurusan Manajemen PendidikanFakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi jiwa kewirausahaan siswa SMK dilihat dari aspek: (1) kepribadian; (2) disiplin diri; (3) kreativitas; (4) motivasi; (5) keberanian;  (6)  kepercayaan  diri.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  kuantitatif dengan jenis pendekatan eksplanatori. Jumlah subjek penelitian sebesar 32 orang. Teknik  pengumpulan  data   menggunakan  angket,   wawancara,  observasi,  dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa potensi  jiwa  kewirausahaan  siswa  SMK  Negeri  1  Posigadan  Kabupaten  Bolaang Mongondow Selatan dilihat dari aspek: (1) kepribadian berada pada kategori cukup baikdengan  persentase  sebesar 74,50%;  (2)  disiplin  diri  berada  pada  kategori cukup baikdengan persentase sebesar 74,00%;  (3) kreativitas berada pada kategori cukup baikdengan persentase sebesar 72,25%; (4) motivasi berada pada kategori cukup baikdengan persentase sebesar 71,25%; (5) keberanian berada pada kategori cukup  baikdengan  persentase  sebesar 72,38%;  (6)  kepercayaan  diri  berada  pada kategori cukup baikdengan persentase sebesar 73,63%. Untuk itu disarankan: (1) Bagi  Sekolah,  hendaknya  untuk  dapat  meningkatkan  profesionalisme  guru  dan menyelenggarakan  berbagaikegiatan  seperti  bazar  sekolah,  workshop  siswa  dan menghadirkan  tokoh-tokoh  wirausahawan  sukses  untuk  dapat  memberi  wawasan dan pengalaman terhadap para peserta didik; (2) Bagi Guru, diharapkan untuk dapat mengembangkan  potensi  jiwa  kewirausahan  melalui  pembelajaran  yang  berisi kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan dunia usaha agar para peserta didik memiliki pengalaman secara nyata; (3) Bagi Peserta didik, hendaknya untuk selalu  berkonsentrasi  dan  bersunguh-sungguh  serta  proaktif  dalam  menerima materi pendidikan kewirausahaan yang diberikan oleh guru.

 

Kata kunci :

Kewirausahaan; Kepribadian;Disiplin; Kreativitas;Motivasi; Keberanian; Kepercayaan Diri

 

Sumber :

Jambura Journal of Educational Management

Volume 2 Nomor 2, September 2021, Halaman 124-136

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren