PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PELANGGAN SWASANA CAFE BERAU
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS
PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI
VARIABEL MEDIASI PADA PELANGGAN SWASANA CAFE BERAU
Siti Munawaroh
Meisy Alvionita
Program Studi Akuntansi, Universitas
Muhamadiyah Berau
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel
Intervening Pada Swasana Cafe Kabupaten Berau, dengan jumlah sampel sebanyak 97
responden. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Squares (PLS)
dengan model Structural Equation Model (SEM) menggunakan SmartPLS Ver. 3.1.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung kualitas produk dan
kualitas pelayanan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Namun kualitas produk dan kualitas pelayanan secara langsung
berpengaruh positif tetapi tidak signifikan. Kemudian secara langsung kepuasan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Selanjutnya secara tidak
langsung kepuasan mampu memediasi kualitas produk dan kualitas pelayanan
terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan
untuk meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan seperti menambah
varian dan inovasi pada produk dan juga meningkatkan kecepatan dan keramahan
staf agar lebih responsif terhadap pelanggan.
Kata
Kunci: Kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan, loyalitas
Sumber
publikasi JEMMA, Volume 8 Nomor 1, Maret - 2025
Komentar
Posting Komentar