PENGARUH PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN PANDEGLANG
PENGARUH PENERAPAN
PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BADAN
PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN PANDEGLANG
Seftia Ira Anggraeni
Universitas Sultan Ageng
Tirtayasa
Ronni Juwandi
Universitas Sultan Ageng
Tirtayasa
Qotrun Nida
Universitas Sultan Ageng
Tirtayasa
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan prinsip good governance
terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik di BPN (Badan Pertanahan
Nasional) Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi
dengan pendekatan kuantitatif, dimana variabel independen adalah penerapan
prinsip good governance dan variabel dependen adalah peningkatan kualitas
pelayanan publik. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat penerima
pelayanan di BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Pandeglang yang diambil
100 orang untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan
untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis korelasi product moment dan
analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh penerapan prinsip
good governance (X) sebagai variabel bebas terhadap peningkatan kualitas
pelayanan publik (Y) sebagai variabel terikat. Hasil penenlitian ini menunjukan
terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan prinsip good governance (X)
terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik (Y) di BPN (Badan Pertanahan
Nasional) Kabupaten Pandeglang. Hal tersebut berdasarkan pengujian analisis
korelasi pearson product moment, nilai pearson correlation sebesar 1,000 dengan
taraf signifikansi sebesar 0,000. Dimana, apabila nilai korelasi product moment
yakni thitung lebih besar daripada ttabel atau taraf signifikansi kurang dari
0,05 dan koefisien determinasi bernilai menandakan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara Penerapan Prinsip Good Governance Terhadap Peningkatan
Kualitas Pelayanan Publik. Hasil penelitian ini juga diperkuat dengan uji t
pada Analisis Linier Regresi Sederhana yang menunjukan bahwa thitung yaitu
4,910 lebih besar > ttabel yaitu 1,984.
Kata
kunci: Good Governance, Kualitas Pelayanan Publik
Sumber publikasi Jurnal
Kewarganegaraan, Vol. 6, No. 1 (2022)
Komentar
Posting Komentar