Pengaruh Performance, Green Perceived Value, dan Perceived Risk Terhadap Minat Beli Mobil Listrik pada Pemilik Mobil Konvensional

 

Pengaruh Performance, Green Perceived Value, dan Perceived Risk Terhadap Minat Beli Mobil Listrik pada Pemilik Mobil Konvensional

 

Rangga Satria Pratista

Hamzah Gunawan

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

 

Abstrak

 

Seiring dengan meningkatnya kesadaran terhadap gaya hidup ramah lingkungan, industri otomotif dihadapkan pada tantangan besar dalam memperkenalkan teknologi ramah lingkungan, salah satunya adalah mobil listrik. Meskipun demikian, adopsi mobil listrik di Indonesia masih terbilang rendah, dengan pangsa pasar hanya mencapai 1,7% pada tahun 2023. Oleh karena itu, produsen mobil perlu merancang strategi pemasaran yang tidak hanya mengedepankan kualitas produk, tetapi juga memperkuat persepsi konsumen mengenai kinerja mobil listrik, meningkatkan kesadaran terhadap manfaat lingkungan, serta mengurangi persepsi risiko yang terkait dengan teknologi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh performance, green perceived value, dan perceived risk terhadap minat beli mobil listrik di kalangan pemilik mobil konvensional di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 104 responden. Data dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji instrumen menunjukkan bahwa data yang dikumpulkan valid dan reliabel, serta model regresi yang digunakan terbebas dari multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) performance berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mobil listrik, (2) green perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mobil listrik, dan (3) perceived risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mobil listrik.

 

Kata Kunci: Performance, Green Perceived Value, Perceived Risk, Minat Beli, Mobil Listrik

 

Sumber publikasi HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation; Vol. 2 No. 1 Februari 2025

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren