Pengaruh Interior Ambient terhadap Kepuasan Pelanggan Dimediasi oleh Keputusan Pembelian Konsumen di O’Good Coffee dan Eatery
Pengaruh Interior Ambient terhadap Kepuasan
Pelanggan Dimediasi oleh Keputusan Pembelian Konsumen di O’Good Coffee dan
Eatery
Junior
Dewanta Facrureza
Universitas Bunda Mulia
ABSTRAK
Kepuasan
pelanggan merupakan tolak ukur seberapa suksesnya sebuah toko. Dengan kepuasan
pelangganyang tinggi, dapat dipastikan bahwa toko yang kita kelola dapat
memberi keuntungan secara finansial dan kemajuan secara operasional. Kepuasan pelanggan
bisa ditingkatkan melalui interior ambient, yang artinya jika interior
ambientsebuah toko itu baik, maka akan meningkatkan persentase kepuasan pelanggan
yang berkunjung ke sebuah toko. Lingkungan dalam suatu toko hendaknya ditata
dengan baik dan dilaksanakan dengan baik untuk memperluas dampak lingkungan
yang ditata di dalam toko sehingga memberikan daya angkat yang mendalam
sehingga membuat konsumen merasa nyaman berada di dalam toko. Selain dari dalam,
pilihan pembelian juga dapat meningkatkan kepuasan pembeli karena kepuasan
pembeli diperoleh setelah pilihan pembelian dibuat. Dalam penelitian ini, akanditeliti,
dianalisa, dan diuji pengaruh interior ambient terhadap kepuasan
pelanggan dimediasi oleh keputusan pembelian.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan dengan pendekatan
jenis explanatory research. Sampel dikumpulkan sebanyak 120 orang dengan
menggunakan kuesioner berisi pernyataan dengan skala likert. Sampel yang digunakan
sendiri merupakan orang yang pernah melakukan kunjungan, melakukan transaksi,
dan menetap di O’Good Coffee & Eatery. Data yang sudah dikumpulkan kemudian
dianalisis dan diuji dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan
hasil pemeriksaan dan pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan
informasi yang telah dikumpulkan, terlihat bahwa pengaruh internal terhadap
loyalitas konsumen dan pilihan pembelian terbukti menjadi variabel dalam hubungan
antara lingkungan internal dan loyalitas konsumen.
Kata
kunci: interior ambient; kepuasan pelanggan; keputusan pembelian
Sumber
publikasi MES
Management Journal: Vol. 3 No. 2 (2024)
Komentar
Posting Komentar