Pengaruh Interior Ambient terhadap Kepuasan Pelanggan Dimediasi oleh Keputusan Pembelian Konsumen di O’Good Coffee dan Eatery

 

Pengaruh Interior Ambient terhadap Kepuasan Pelanggan Dimediasi oleh Keputusan Pembelian Konsumen di O’Good Coffee dan Eatery

 

Junior

Dewanta Facrureza

Universitas Bunda Mulia

 

ABSTRAK

 

Kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur seberapa suksesnya sebuah toko. Dengan kepuasan pelangganyang tinggi, dapat dipastikan bahwa toko yang kita kelola dapat memberi keuntungan secara finansial dan kemajuan secara operasional. Kepuasan pelanggan bisa ditingkatkan melalui interior ambient, yang artinya jika interior ambientsebuah toko itu baik, maka akan meningkatkan persentase kepuasan pelanggan yang berkunjung ke sebuah toko. Lingkungan dalam suatu toko hendaknya ditata dengan baik dan dilaksanakan dengan baik untuk memperluas dampak lingkungan yang ditata di dalam toko sehingga memberikan daya angkat yang mendalam sehingga membuat konsumen merasa nyaman berada di dalam toko. Selain dari dalam, pilihan pembelian juga dapat meningkatkan kepuasan pembeli karena kepuasan pembeli diperoleh setelah pilihan pembelian dibuat. Dalam penelitian ini, akanditeliti, dianalisa, dan diuji pengaruh interior ambient terhadap kepuasan pelanggan dimediasi oleh keputusan pembelian.  Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan dengan pendekatan jenis explanatory research. Sampel dikumpulkan sebanyak 120 orang dengan menggunakan kuesioner berisi pernyataan dengan skala likert. Sampel yang digunakan sendiri merupakan orang yang pernah melakukan kunjungan, melakukan transaksi, dan menetap di O’Good Coffee & Eatery. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dan diuji dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan informasi yang telah dikumpulkan, terlihat bahwa pengaruh internal terhadap loyalitas konsumen dan pilihan pembelian terbukti menjadi variabel dalam hubungan antara lingkungan internal dan loyalitas konsumen.

 

Kata kunci: interior ambient; kepuasan pelanggan; keputusan pembelian

 

Sumber publikasi MES Management Journal: Vol. 3 No. 2 (2024)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren